Swiss

Minggu, 08 Agustus 2010

Europe Trip day-9 F Venezia-Florence-Roma

Hari ke sembilan | Venezia-Firenze (Florence)-Roma | Senin 28 Juni 2010

Selamat tinggal Venezia, kami melanjutkan perjalanan ke Roma, tetapi karena Pisa ada ditengah-tengah, kami tak mau melewatkan untuk mampir di menara miring itu. KA Trenitalia berangkat dari St.Lucia jam 9.27 sampai di Firenze jam 11.30am. Antara Bologna-Firenze KA masuk terowongan panjang menembus gunung. Dari Firenze kami bermaksud lanjut lagi dengan KA ke Pisa Centrale dengan terlebih dahulu menitipkan 3 kopor berat kami di penitipan dengan tariff 4E/pc untuk 4 jam pertama selanjutnya 0.6/jam/pc.

Tergoda menjelajah Firenze yang tidak dijadwalkan, kami naik Florence Tour Bus dengan tariff 50E untuk sekeluarga. Tidak seperti di London, di Firenze tidak terlalu banyak yang istimewa. Putar-putar di kota selama 1 jam lewat begitu saja. Dari pemberhentian terakhir (dekat stasiun) kami berjalan melewati keramaian dan pertokoan hingga sampai di Il Duomo gereja tua yang sangat besar dan megah. Kembali dengan berjalan kaki menuju stasiun membeli Mc Donald take away.

Sampai di stasiun kembali memelototi jadwal kereta ke Pisa dank e Roma. Jam menunjukkan jam 2.30pm. Next train ke Pisa Centrale jam 4.30pm itu artinya kami bisa sampai di Roma jam 11pm. Setelah mempertimbangkan baik buruknya kami putuskan (dengan berat hati) tidak jadi ke Pisa. Feby dan Anya protes. Tiket Firenze-Pisa Centrale yang dibeli kemaren di St.Lucia kami tukar tiket Firenze-Roma di loket dengan menambah 119E menggunakan Eurostar dengan tujuan akhir Napoli. Berbeda dengan KA regular yang jarak tempuhnya 4jam, Eurostar yang merupakan kereta ekspres ini menempuh waktu hanya dalam 1.5jam. Tentunya diimbangi dengan harga tiketnya yang mahal tadi.

Firenze (3.10pm) – Roma (4.40pm). Setelah 9 hari di Europe baru nyadar kalau Blackberryku bisa sangat membantu mencari lokasi dan menentukan rute yang hendak ditempuh dengan menggunakan fasilitas GPS yang ada di googlemaps! Mencari hotel Stromboli yang ada di Via Marsala yang ternyata hanya berjarak 100m saja dari Roma Termini. Karena masih sore (ingat matahari terbenam 9.30pm) setelah check in kami putuskan untuk jalan-jalan dengan area jelajah dalam lingkup walk distance.